Kenapa Mesin V-ixion Sering Bunyi Setelah dipakai?. Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak anda para pengguna motor Vixion.
Pada dasrnya motor Vixion adalah motor yang memiliki teknilogi canggih fuel injeksi yang sudah dilengkapi oleh sistem pendingin radiator yang berfungsi untuk menjaga agar pevorma dan suhu mesin tetap setabil walau dibawa saat melaju kencang. namun tahukah anda pada saat anda berkendara secara tidak langsung anda juga membantu sitem pedinginan pada radiator Vixion. semakin kencang anda melaju maka kipas radiator pada motor Vixion-pun ikut berputar secara kencang juga sehingga sistem pendinginan pada mesin motor berjalan dengan sempurna.
nah sekarang ASPL mau memberikan bebrapa tips untung merawat sih pendingin tersebut
coba bayangin kalo Radiator tidak bekerja sesuai tugas nya
Lepaskan Radiator dari dudukan nya, dengan cara melepas bebrapa clem selang radiator, jangan lupa sebelum melepas radiator kuras dulu air radiator dengan cara melepas baut yg ada di blok mesin dan pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin… klao mau coba pas panas-panas yah gpp 😀
lepaskan kipas radiator dari Radiator, karna sarang tawon radiator nya mau di cuci dulu 🙂
Cuci dan bersihkan kisi-kisi radiator dari kotoran debu dan lumpur,jangan cuci pake air bertekanan yah karna bisa membuat kisi-kisi radiator jaadi bengkok dan menutupi lubang-lubang udara
setelah radiator bersih kemudian giliran kipas nya, Btw pas lagi ngelepas kipas dari dudukan radiator usahakan jangan sampai merusak baut nya yah, nanti kalo terjadi apa- apa pada kipas akan sulit untuk mengklaim Gransi,karna kipas radiator masuk dalam garansi 2Th atau 24.000 km
tes putaran kipas apakah masih lancar,jika kurang lancar dan banyak debu yang menempel di kipas semprotkan saja pelumas rantai atau sejenis nya “WD” atau “Kit Chain ” setelah itu bersihkan kalo bisa yah bersihkan mengunakan angin bertekanan” KOMPRESOR”
tes putaran kipas”. sambungkan kabel (-) dan (+) kipas radiator ke batrai/accu ,jika putaran sudah lancar dan normal seperti gambar
setelah beres semua pasang lagi kipas dan radiator di posisi semula,kemudian isi kembali collant radiator sampai penuh
kalo lagi musin hujan gini harus sering-sering di perhatikan kondisi radiaror,karna makin sering kena cipratan lumpur dan debu bisa-bisa vixion kesayangan bro dan sis kaya vixion ASPL nii
pas lagi macet tiba-tiba lampu indikator suhu menyalah… waduh kenapa nie, eh setelah di cek ternyata kipas nya ga berfungsi karna kipas tertutup debu dan lumpur saat keujanan kemaren
setelah di bersihkan dan di otak atik akhirnya lancar lagi mas broo 😀
ini lah tips Ringan dari ASPL semoga berguna
SEMUA TENTANG ASAP DAN DEBU JALANAN
SALAM ngaspal.com
koreksi gan 😀
mbocorin coolant pas mesin panas bisa bikin head melengkung, klo melengkung dijamin kompresi bocor dan wajib ganti,
harus kondisi dingin,
tq gan koreksi nya …:D
Gan kalau waktu nyuci motor kisi kisi radiator ane semprot ada pengaruh jeleknya gk ke krj motor??
Thanks
gk ngefek CUK….5si4alan loe!!!
Pembelajaran otomotif niih.., nice sharing masbro..
waah aku pertamax di sini hehe..
blog ecek ecek blom cetar membahana
enaknya pake radiator
Megison Pasangin Radiator pan….
kalau lepas kipas radiatornya tanpa menguras radiatornya itu sendiri gimana gan? bisa atau tidak?
karena barusan aja nguras gan.
Kalogs nguras Dulu tar selang selang nya Ga bisa d copot
Soal y kalw lpas rdiator hrus copot smua slang y mas
Kalo lg dipanasin, kipas radiator berputar atau ngga bos? Vixion ogut kalo lg dipanasin kipasnya ga Muter. Kalo panel indicator yg kuning kalo baru dipanasin suka masih nyala, pas dipake no motor beberapa ratus meter tu indicator kuning mati, tapi kadang kalo di tengah jalan nyala lagi, trust mati lg. Itu kenapa ya box?
kipas radiator berputar saat mesin panas… kalo ga salah masuk di 90 drajat,,,,nah saat suhu hampir menyentuh titik didih tapi kipas radiator di dak berputar atau berputar namun tidak mampu mendingin kan suhu ,maka lampu indikator akan menyalah ,menadakan mesih overhead….ini sering terjadi saat kita terjebak macet….karna ga ada udara berhembus dari depan”udara yang di dapat saat kita berjalan”
Trus kenapa kalo motor vixon jatuh atau ke glincir kox air radiator sering gx lacar trus mati
Kipas radiator menyala pas suhu air mencapai 80 drajat klo g salah…jadi klo suhu di bawah segitu kipas ga akan nyalahh
klo lampu indikator radiator nyalah itu bisa nya suhu air sudah max… Atau hampir mencapai titik didih
tapi bisa juga sensor yg ada di dkat busi….
kalau motor vixion jatuh,sensor kemiringan motor akan bekerja mematikan mesin otomatis……
untuk menyalahan mesin kembali cukup matikan kunci kontak ,lalu di on kan kembali
kalo air radiator macet saya pribadi belom menemukan kejadian gitu…. kalau air radiator tumpah saat kita terjatuh,,,kemungkinan dati tutup radiator nya,,, yang memang mempunyai lubang hawa…
nice article,,thanks for share gan 😀
Oke, terimakasih banya infonya ya… sangat membantu dan menambah pengetahuan
Broo….Kipas radiator pd Vixion baru apa memang gak fungsi/gak berputar ya saat mesin lagi dipanasi…..
thx
Kalau air radiator sudah mencapai suhu yg di tentukan sekitar 80/90 drajat maka kipas akan menyalah…dan mati jika di bawah suhu
gan kalo mau beli radiator raja bra ya gan ? dan bell Dana ya gan ? thanks
kalo ga salah di deler harus satu set sama kipas nya dehh…. tapi kata nya sekarang udah bisa di jual terpisah…..saya belom tanya tanya sama mba Beres nya
maaf gan…maksudnya radiatornya aja …maaf salah ketik
Klo g salah radiator nya aja 400 rb an..klo kipas nya 370 ribu
gan kalo misal kipas radiatornya tu arus listriknya di alirkan langsung dr aliran listrk mesin bs pengaruh gk gan…
..Tq
Kalo d langsungin berarti nyalah trus dong…
Efek jelek nya mesin sulit mencapai suhu kerja…
Trs accu nya jadi boros …
Punya sya jga dilangsunging gan tpi indikator merah msh nyala trus udah gnti air radiator segala itu gmna gan
mau mbongkar sendiri takut
awal nya saya juga takut… tapi coba coba aja :d ….
sedikit ilmmu dari jaman sekolah waktu STM
waah.. mantaap
thanks gan infonya
mantap bro infonya.. radiator nvl saya kok ada cairan radiator yg netes ya.. kalo saya perhatikan dr selang yg nyambung ke leher radiator.. entah klep nya yg gak rapat atau bagaimana.
Thnx ya bro buat infonya…
Mtor vixion sya d bwak jlan skitar 1km,radiator ny sya pegang panas x,apakah ada msalah dngan radiator mtor sya….?
Vixion 2011 saya kalo dipake udah jalan beberapa kilo lampu indikator nyala. Overheat. Dari malam tahun baru 2015 sampe sekarang Sudah bolak balik masuk bengkel resmi gak ada hasil. Kemaren saya bawa lg keberes ganti thermostat sama thermosensor. Tapi gak ada hasil. Saran mekanik ” thermostat dan thermosensor baru. Waterpump berfungsi. Mending bawa ketukang rradiaotor aja mas. Minta dibersihin sekalian beresin kisi kisi. Mungkin karna udara yg disedot kipas gak maksimal karna kisi2 tertutup kotoran dan sudah banyak yg penyok juga.”
Dari situ saya langsung ke tukang radiator tapi ditolak. Katanya “radiator motor gak bisa mas. Biasanya sekali pakai kalo motor. Bahannya beda lembek. Beda sama punya mobil.”
Tolong sarannya pak. Mungkin ada perbaikan yang terlewat dgn masalah yang saya alami. Terimakasih
New vixi ane penyakit nya gitu juga gan..tadi tk coba buat jalan 200 meter langsung panas mesin nya..hrga cara cek kinerja radiator nya gimana y om??kasih tau donk